Pages

Subscribe:

Labels

Sample text

Rabu, 25 April 2012

E-HEALTH



Pada saat ini kita akan membahas tetang e-health,apa itu e-health? E-health adalah merupakan suatu program yang direncanakan akan hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, diharapkan e-health nantinya membantu masyarakat Indonesia mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik. E-health aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. E-health bukan hanya terdiri dari internet saja, tetapi solusi Enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan banyak pihak mulai dari masyarakat sampai dengan Produsen Obat/Farmasi. Electronic Medical Records (EMR) merupakan bagian fundamental dari eHealth. EMR memberikan fasilitas sharing data medical record antar institusi kesehatan.

Keuntungan e-health
-          dapat meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan dan meningkatkan
             kualitas dan efektifitas dari pelayanan yang diberikan.

-          eHealth meliputi produk, system dan pelayanan yang menjadi lebih sederhana dengan aplikasi berbasis internet. eHealth meliputi aplikasi untuk para profesional dan otoritas kesehatan yang lebih baik daripada sistem kesehatan pribadi untuk masyarakat dan pasien. Sebagai contoh adalah healthinformation networks, electronic medical records, telemedicine services, personal wearable and portable communicable systems, health portals, dan banyak teknologi komunikasi dan informasi lain yang bertujuan membantu pencegahan, diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gaya hidup.

Namun dalam merealisasikan e-health ada beberapa kendala yang yaitu Medical error yang sering terjadi dalam pelayanan kesehatan ke masyarakat adalah karena tidak akuratnya medical record dari seorang pasien. Hal tersebut terjadi karena tidak ada sharing data medical record antar institusi kesehatan di Indonesia, karena setiap institusi memiliki masing-masing medical record. Pada gambar dibawah ini, seorang pasien mempunyai medical record di beberapa institusi kesehatan. itu disebabkan karena medical record pasien tersebar di beberapa institusi kesehatan. Oleh karena dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menyimpan historis medical record soerang pasien dari mulai lahir sampai pasien tersebut meninggal. eHealth merupakan aplikasi pelayanan kesehatan yang terdiri dari beberapa komponen, salah satu komponen yang paling penting adalah Electronic Medical Record (EMR). Gambar dibawah ini menjelaskan dua institusi kesehatan yang menggunakan data medical record seorang pasien secara bersama-sama
Komponen eHealth, bukan saja EMR tetapi jugaePrescribing yaitu sistem resep obat secara online, dimana pasien hanya berurusan dengan institusi pelayanan kesehatan, sedangkan resep obat akan diatur oleh sistem mulai dari stock obat sampai dengan pembayaran obat oleh pihak asuransi. Proses ePrescribing secara umum adalah :
- Pasien meminta pelayanan kesehatan kepada
   institusi kesehatan (Primary Care).
- Institusi kesehatan akan memberikan
   pelayanan kesehatan kepada pasien,
   selanjutnya resep obat akan dikirim ke toko
   farmasi.
- Selanjutnya toko farmasi akan memberikan
   tagihan ke perusahan asuransi kesehatan.
- Toko farmasi akan memberikan obat sesuai
   dengan resep yang diberikan oleh institusi
   pelayanan kesehatan.



0 komentar:

Posting Komentar