Pages

Subscribe:

Labels

Sample text

Selasa, 07 Juni 2011

Sikap – sikap tanggung jawab sebagai manusia


Dalam tulisan ini kita akan mencari tau bagaimana sikap-sikap manusia terhadapa manusia lain, oleh karena itu kita melingetahui dulu hakikat dari manuisa.Manusia sebagai makhluk Tuhan adalah makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial, susila, dan religius. Sifat kodrat manusia sebagai makhluk pribadi, sosial, susila, dan religii harus dikembangkan secara seimbang, selaras, dan serasi. Perlu disadari bahwa manusia hanya mempunyai arti dalam kaitannya dengan manusia lain dalam masyarakat. Manusia mempunyai arti hidup secara layak jika ada diantara manusia lainnya. Tanpa ada manusia lain atau tanpa hidup bermasyarakat, seseorang tidak dapat menyelenggarakan hidupnya dengan baik.
Dari pengertian hakikat manusia diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwah manusia harus memiliki sikap tanggung jawab terhadapa manusia yang lain, karena manusia harus dapat menjaga hubungan baik sesama manusia. Beberapa sikap yang harus kita meliki dalam hidup bermasyarakat yaitu
Tanggung jawab
Adalah sebuah sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia, yaitu sikap yang menerima smua resiko dari apa yang  ia telah perbuat.

Toleransi
Toleransi adalah istilah dalam konteks sosial, budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama, dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya.[1] Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi "kelompok" yang lebih luas, misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain. Hingga saat ini masih banyak kontroversi dan kritik mengenai prinsip-prinsip toleransi, baik dari kaum liberal maupun konservatif.

Saling menolong
Adalh sikap kita sebagai mahluk sosial, yang dimana manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri.  Olehkarna itu kita harus saling tolong menolong sesama individu.

Saling mengormati
Yaitu sikap mengharsai setiap perbedaan atau kekurangan orang lain. Sehingga  kita tidak menimbulkan peselisihan atau keributan.

Itu lah beberapa sikap yang wajib kita miliki sebaai manusia agarkita dpat hidup tentran damai di dunia ini. Semoga tulisan ini bermafaat bagi anda semua,semua tulisan ini saya juga mendapat dan mngambil dari beberapa referensi di internet.

0 komentar:

Posting Komentar